5 Cara Paling Ampuh Mengasah Otak Anak Melalui Kegiatan Sederhana

5 Cara Paling Ampuh Mengasah Otak Anak Melalui Kegiatan Sederhana

Setiap orang tua tentu menginginkan segala sesuatu yang terbaik untuk anaknya. Termasuk keinginan mendidik mereka menjadi anak yang cerdas, naik dari segi afektif maupun kognitifnya. Wajar saja, jika mengingat anak merupakan aset paling berharga dalam hidup. Keberhasilan mereka juga bergantung dari bagaimana cara orang tua memberikan pengetahuan kepada mereka.

Sayangnya, tidak semua orang tua paham mengenai langkah mengasah otak anak yang harus mereka aplikasikan. Padahal tidak serumit yang dibayangkan, Anda bahkan bisa melakukannya melalui serangkaian kegiatan sederhana seperti di bawah ini.

  1. Menggambar dan mewarnai

Hampir semua anak gemar dengan aktivitas ini. Selain memerlukan ketelitian, mereka juga harus berkonsentrasi. Anak-anak akan bekerja melibatkan semua anggota tubuh mereka. Pikiran dan perasaan mereka bahkan bisa diluapkan melalui gambar dan goresan warna yang mereka pilih.

Alternatif ini dipandang sebagai solusi jitu lantaran mereka dituntut memaksimalkan kekuatan otak saat kegiatan ini berlangsung.

  1. Bercerita

Mengasah otak anak yang selanjutnya bisa dilakukan dengan story telling. Dongeng yang selama ini sering dijadikan sebagai pengantar tidur nyatanya bisa lebih berfungsi ketimbang ini, dengan mendengarkan ibunya bercerita, imajinasi mereka akan berjalan dan fokus pada alur yang Anda katakan.

Bercerita bahkan disebut-sebut mampu menstimulasi bagian otak yang berbeda dengan area otak saat anak menggambar atau mewarnai.

  1. Bermain tebak-tebakan

Tidak ada salahnya jika Anda mengenalkan anak pada sebuah benda, lalu Anda berusaha untuk menutupi dimana letak benda tersebut. Ajak anak Anda untuk mencarinya dengan memberikan mereka sejumlah petunjuk yang membawa mereka bisa memecahkan misi ini.

Di samping memudahkan anak untuk menata kemampuan perencanaannya, mereka juga akan piawai menghubungkan pertunjuk verbal dengan hal-hal yang mereka temukan di sekitarnya, serta mencocokkan planning mereka dengan informasi yang Anda berikan.

  1. Memasak bersama

Di samping mengajarkan anak untuk giat menjalani gaya hidup yang sehat, mengasah otak anak dengan mengajarnya menyajikan makanan kesukaan mungkin bisa jadi rekomendasi yang tepat untuk Anda. Anak-anak sangat menyukai snack seperti biskuit. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari resep yang mudah dan mempraktikannya bersama si kecil di rumah.

Poin penting yang bisa Anda ambil dari kegiatan ini ialah ketelitian dan kemahiran anak untuk menciptakan karya.

  1. Bermain peran

Tahukah Anda jika memainkan tokoh dalam drama mampu melatih anak untuk memiliki daya ingat yang baik?. Dengan peran berupa karakter yang cocok dengan kepribadiannya, mereka secara tidak langsung akan menyesuaikan dialog dengan keadaan dan plot yang berkembang.

Anda tidak harus memasukkan mereka ke ranah drama atau teater, cukup dengan menemaninya bermain menjadi dokter, polisi, perawat, atau guru di rumah dengan memanfaatkan media yang ada di sekitar.

Bagaimana? Mudah sekali bukan cara mengasak otak anak dengan media sederhana? Namun jangan pernah memaksakan keinginan anak, karena setiap anak memiliki bakat yang berbeda-beda, bebaskan anak untuk memilih apa yang mereka sukai namun tetap dalam pantauan Anda.

Related posts

Leave a Comment