Akibat Makan Daging Berlebihan Bagi Kesehatan

Akibat Makan Daging Berlebihan Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi daging sangat disarankan oleh para ahli nutrisi dikarenakan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Tapi, bisa menimbulkan resiko berbahaya bagi mereka yang sehari harinya makan daging dikarenakan efek samping yang ditimbulkan. Akan lain halnya bagi mereka yang jarang makan daging sepertinya sah sah saja dilakukan sepanjang mengetahui porsi yang seharusnya.

Daging, baik kambing maupun daging sapi adalah sumber protein hewani yang memiliki nutrisi tinggi. Adapun protein yang didapat dari hewan ini bertujuan untuk membentuk enzim, hormon, protein serta memperbaiki sel tubuh yang rusak. Itu sebabnya, sangat disarankan untuk memasukkan daging ke dalam daftar menu untuk dihidangkan bagi keluarga.

Tapi, tidak sedikit yang terkadang saat mengkonsumsinya dilakukan secara ‘berlebihan’. Bagian dalam seperti jeroan, paru, otak, limpa dan usus juga menjadi santapan yang sangat sayang dilewatkan. Padahal, pada bagian dalam tersebut mengandung purin yang bisa meningkatkan asam urat pada tubuh. Nah, kondisi seperti ini yang bisa dibilang salah.

Alasannya sederhana, akibat makan daging berlebihan kadar kolesterol dalam darah akan meningkat dikarenakan banyak kandungan lemak jenuh yang ada pada bagian dalam tersebut. Selain itu, cara pengolahan dengan menggunakan santan pun beresiko bagi kesehatan. Dalam waktu instan, resiko yang ditimbulkan seperti sembelit jika mengkonsumsi daging secara berlebihan. Begitu juga terjadi refluks pada lambung sehingga mengganggu saat tidur di malam hari.

Nah, agar saat mengkonsumsi daging bisa lebih ‘nyaman’, sebaiknya melakukan beberapa hal dibawah ini seperti :

Mengimbanginya dengan makan sayur dan buah untuk mengurangi efek dari makan daging berlebihan.

Hindari pengolahan dengan menggunakan santan namun pilihlah dengan cara direbus atau dibakar.

Beri waktu setidaknya 2 jam sebelum tidur untuk mengkonsumsi daging.

Jangan tambahkan menu lainnya seperti coklat atau keju saat mengkonsumsi daging dalam jumlah banyak.

Minum air putih setidaknya 10 gelas per hari untuk mencegah terjadinya sembelit.

Jangan lupa berolahraga secara teratur.

Dengan demikian, makan daging bukan menjadi masalah lagi asalkan tetap mengacu pada jumlah yang seharusnya guna menghilangkan resiko akibat makan daging berlebihan.

Related posts

Leave a Comment