Ketahui Arti Lapar Saat Diet

Ketahui Arti Lapar Saat Diet

Sudah umum, jika tubuh memberi reaksi lapar maka seseorang akan mengambil makanan dalam jumlah yang mungkin cukup banyak. Padahal, reaksi ini belum tentu menunjukkan seseorang memang benar benar lapar karena bisa jadi ada penyebab lainnya.

Menurut medis, lapar berlebihan memberi isyarat jika tubuh benar benar butuh asupan makanan. Misalnya, waktu yang terlalu lama antara waktu makan berikutnya bisa membuat kondisi ini terjadi. Oleh sebab itu, sangat penting kiranya mengetahui sirkulasi jam tubuh masing masing. Tujuannya, agar Anda mengetahui perbedaan antara apakah itu memang lapar sebenarnya atau malah sekedar haus.

Tidak sedikit loh mereka lapar saat diet yang dibutuhkan bukan makanan namun air. Ya, tubuh mengirimkan sinyal ke otak dengan mengatakan Anda lapar padahal yang dibutuhkan adalah air karena sedang haus. Mengapa ini bisa terjadi? Karena makanan memiliki kandungan cairan yang ada di dalamnya sehingga orang kerap bingung apakah benar benar lapar atau tidak.

Untuk mensiasatinya sangat mudah yaitu memastikan tubuh cukup air. Minum air putih setidaknya 8 gelas per hari bukan hanya membuat rasa lapar berkurang, tapi membuat tubuh jauh lebih bugar dan sehat.

Kemudian, bagi mereka yang sedang melakukan diet sebaiknya pilihlah pengganti makanan yang mengandung air berkualitas seperti susu mentega, air kelapa atau teh hijau. Dengan begitu, tubuh tak lagi kebingungan mengirim sinyal ke otak tentang apa yang dibutuhkan.

Oh ya, untuk mencegah agar rasa lapar tak muncul berlebihan saat di siang hari sehingga Anda begitu rakus untuk makan ‘segalanya’ ada baiknya tidak melewatkan sarapan. Pastikan, menu sarapan yang dipilih mengandung karbohidrat yang kompleks serta protein rendah lemak agar Anda tak mudah lapar dalam waktu yang singkat. Sebaliknya, hindari makanan yang mengandung gula seperti jus karena membuat kadar gula menurun sehingga membuat nafsu makan meningkat.

Kombinasi makanan juga diperlukan agar kandungan protein di masing masing bahan bisa saling membantu. Untuk penjelasannya, Anda bisa mencari sumber terpercaya mulai dari media cetak seperti majalah kesehatan atau situs online khususnya tentang lapar saat diet.

Related posts

Leave a Comment