Menghitung Kalori Makanan untuk Diet Jaminan Sukses?

Menghitung Kalori Makanan untuk Diet Jaminan Sukses?

Banyaknya aplikasi yang bisa membuat seseorang tahu jumlah kalori yang dimiliki di setiap makanan yang dikonsumsi, bukan menjamin kesuksesan dalam diet.

Saat ini, semakin gencar program diet dijalankan membuat banyak para ahli nutrisi menjelaskan tentang pola makan yang harus dikonsumsi.

Salah satunya dengan berusaha menghitung jumlah kalori pada makanan. Hanya saja, menghitung kalori makanan untuk diet dengan menggunakan program apapun tak serta merta memberi hasil yang akurat termasuk label yang ada pada kemasan.

Menurut badan penelitian makanan, label yang mencantumkan jumlah nutrisi di setiap makanan sebenarnya 20% lebih tinggi dari jumlah seharusnya. Sehingga, bila seseorang mengacu hanya pada label tersebut maka ia tidak memiliki angka yang pasti dalam menghitung jumlah kalori keluar. Mengapa? Ya itu tadi, nilainya yang memang cenderung kurang akurat.

Selain itu, terus menerus berusaha menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh bukan cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

Alasannya sederhana, tidak semua kalori yang masuk ke dalam tubuh itu buruk. Ada beberapa bagian tubuh yang memang memerlukannya guna kelangsungan sistem tubuh. Sayangnya, saat seseorang mendengar kalori maka kesan buruk dalam menggagalkan diet sudah ada di kepala.

Adanya kecenderungan dimana pelaku diet lebih berorientasi kepada kuantitas makanan dibandingkan dengan kualitas membuat kalori seperti sebuah ‘musuh’. Padahal, perlu diketahui jika makanan yang dicerna oleh tubuh dengan sistem metabolisme itu berbeda beda. Ada yang dijadikan sebagai lemak, dan ada juga yang dijadikan sebagai energi.

Begitu juga dengan resiko penyakit yang ditimbulkan bisa bervariasi satu dengan yang lainnya. Itu sebabnya, bagi pelaku diet sebaiknya memahami benar tentang kalori yang dikonsumsi. Menghitung jumlah kalori di setiap makanan sah sah saja dilakukan namun bukan berarti mengabaikan banyak hal.

Seperti mengkombinasikan makanan dengan tepat agar tubuh tidak kehilangan nutrisi yang diperlukan. Jadi, sebaiknya mulai dari sekarang lebih mengarah kepada efektifitas dari makanan yang dikonsumsi apakah berpengaruh bagi program diet yang sedang dijalankan atau tidak.

Dengan mengetahui efek dari masing masing makanan akan memudahkan Anda dalam menjalani program diet daripada sibuk menghitung kalori makanan untuk diet.

Related posts

Leave a Comment